Powered By Blogger

laman

Minggu, 18 April 2010

Cara belajar yang efektif


Cara belajar yang efektif

Belajar yang efektif sekarang sudah memudar dari kebanyakan pelajar , maka banyak dari beberapa orang tua siswa menanyakan bagaimanakah cara belajar yang efektif????????
Mungkin ada beberapa cara belajar yang efektif yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari di kalangan pelajar, seperti :

1. Membagi waktu antara belajar dan bermain

Di usahakan agar membagi waktu antara bermain dan belajar dipisahkan , dan alangkah baiknya jika waktu belajar lebih lama dari pada waktu bermain.

2. Belajar dengan suasana yang membuat nyaman

Sebaiknya belajar pada tempat yang membuat kita nyaman dalam belajar , bukan tempat yang gaduh ataupun suasana yang membuat kita menjadi tidak nyaman.

3. Berusaha sendiri dalam mengerjakan tugas

Mengerjakan tugas sendiri bias juga menjadi cara belajar yang efektif , karena kita di tuntut untuk mengerti dan bias mengerjakan tugas-tugas itu dengan usaha kita sendiri tetapi bila tugas itu memang tak bisa kita kerjakan sendiri lebih baik kita membentuk suatu kelompok belajar.
Supaya kita bisa terbantu dengan adanya kelompok belajar tersebut.

4. Tidak membudayakan budaya mencontek

Dalam belajar mungkin kita sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas sehingga seringkali kita menyontek / meniru jawaban teman kita sendiri. Budaya menyontek di kalangan pelajar sekarang bukanlah hal asing lagi untuk di dengar.
Menyontek mungkin hanya sebagai penolong kita dalam mengerjakan tugas-tugas yang kita anggap sulit, tapi lama kelamaan menyontek sudah menjadi katergantungan karena menjanjikan bahwa tugas-tugas yang kita jawab pasti akan mendapatkan nilai yang bagus.

5. membaca beberapa buku di waktu senggang

sebaiknya dalam waktu-waktu senggang kita isi dengan membaca buku, walaupun hanya 1 buku yang kit abaca tetapi kita telah ada kemauan untuk membaca.

Mungkin cara-cara belajar efektif di atas berguna dan dapat di lakukan dalam kehidupan sehari-hari…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar